Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Ketipung Sederhana Dari Paralon Bekas Lengkap Beserta Gambarnya

Cara Mudah Membuat Ketipung Sederhana Dari Paralon Bekas Lengkap Beserta Gambarnya - Ide membuat ketipung dari paralon merupakan salah satu kerajinan tangan yang akih-akhir ini sangat populer.

Daur Ulang Paralon Bekas Jadi Ketipung Sederhana

Dengan memanfaatkan daur ulang barang bekas seperti pipa atau paralon kita bisa bekreasi sendiri membuat alat musik sederhana yaitu gendang.

Ketipung atau yang biasa juga disebut gendang, merupakan alat musik sederhana yang biasa dimainkan oleh para pengamen jalan.

Tapi pernahkan Anda berfikir bagaimana membuat ketipung? dan bagaimana jika gendang tersebut dibuat menggunakan bahan bekas?

Nah pada kesempatan ini Saya akan berbagi tutorial cara membuat ketipung menggunakan barang bekas yaitu pipa atau paralon.

Agar lebih jelasnya Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengubah paralon jadi gendang. Dibawah ini.

Cara Membuat Gendang Sederhana Dari Paralon Bekas Lengkap Dengan Gambarnya


Membuat gendang/ketipung sebenarnya sangatlah mudah. Namun perlu Anda ketahui bahwa alat musik ini memiliki suara yang khas.

Nah, suara khas tersebut berasal dari besar kecilnya tabung pada ketipung. Dan tabung gendang yang akan kita pakai nanti adalah paralon.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat ketipung dari barang bekas. Seperti dari kaleng biskuit, kaleng susu dan bahkan ember cat bekas.

Namun pada kesempatan kali ini Saya akan membahasnya dengan membuat gendang dangdut dari paralon.

Alat Dan Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Ketipung Sederhana


Dengan bermodalkan paralon bekas Anda bisa menyulapnya menjadi ketipung. Kerajinan tangan ini juga sangat sederhana dan mudah dibuat tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Pasalnya ketipung ini dibuat menggunakan bahan yang sudah tidak terpakai alias menggunakan barang bekas.

Selain itu dengan memanfaatkan barang bekas Anda juga bisa berkreasai sendiri. Dan yang paling penting adalah Anda juga ikut serta mengurangi limbah yang berdampak pada pemanasan global.

Untuk membuat gendang dangdut sederhana. Ada beberapa peralatan yang wajib Anda persiapkan.

1. Paralon Dengan Ukuran (8 inc dan 4 inc)
Untuk paralon sendiri Saya sarankan guanakan ukuran yang besar seperti 8 inc sebagai bass. Sedangkan yang 4 inc itu untuk tom-tom atau yang biasanya bunyi "plak".

Nih wajib Anda ketahui juga ya, bahwa ukuran paralon juga mempengarui kualitas bunyi ketipung. Jadi kalau semakin besar ukuran paralon semakin enak suaranya.

Dan semakin kecil diameter paralon maka bunyinya ya hanya "plak" atau bisanya para pemain gendang dangdut menyebutnya dengan tom-tom.

Untuk panjang paralon, bebas sesuai keinginan Anda saja. Tapi Saya sih menyarankan paralon tersebut dipotong dengan ukuran 25 cm.

Hal ini bertujuan agar kualitas suaranya terdengar kenceng dan nyaring.

2. Gergaji Besi
Alat ini nantinya untuk memotong paralon. Jadi Saya rasa sudah jelas bahwa gergaji yang digunakan pastikan gergaji besi.

Usahakan gergaji ini yang tajam. Selain untuk mempermudah saat pemotongan paralon, ini juga bertujuan agar hasil potongannya rapih.

3. Ban karet
Bahan selanjutnya yaitu ban bekas. Anda bisa mencari ban karet di bengkel mobil terdekat.

Siapkan ban karet minimal 2 potong. Ini nantinya akan digunakan sebagai pengikat tutup gendang. Dan usahakan cari ban karet yang berukuran besar agar mudah saat mengikat tutup ketipung.

4. Gunting dan Plastik Deterjen
Gunting ini nantinya untuk memotong ban karet yang dibentuk menyerupai tali.

Sedangkan Plastik Deterjen digunakan untuk menutup ketipung yang ukuran paralonnya 4 inc.

Langkah-Langkah Membuat Ketipung Dari Paralon Bekas Disertai Gambarnya


Untuk membuat gendang dangdut sederhana ini, pastikan Anda mengikuti step by step dibawah ini.

Pasalnya cara yang Saya buat ini mungkin berbeda dari yang lain. Karena Saya tidak menggunakan botol sprit bekas.

Dan kalo boleh dibilang, cara membuat ketipung ini lebih mudah ketimbang cara yang lain. Karena Saya memberikan langkah-lagkah yang jelas dan lebih jelas lagi ditambah dengan gambarnya.

Nah agar lebih paham Anda bisa mengikuti tutorial dibawah.

1. Potong Paralon
Langkah pertama potonglah paralon yang berukuran 8 inc dengan menggunakan gergaji besi. Panjangnya sesuai keinginan Anda. Tapi Saya sarankan untuk ukurannya 25 cm.

Langkah Pertama Potonglah Paralon

Sedangkan untuk paralon yang berukuran 4 inc atau tom-tom nya. Anda bisa memotongnya dengan ukuran 20 cm.

Agar hasilnya lebih bagus Anda bisa memotong paralon tersebut dengan bentuk melancip pada salah satu ujung paralon.

Setelah dipotong jangan lupa untuk merapikannya dengan cara diamplas. Amplas bagian yang dipotong tadi dengan rapih ya sob.

2. Potong Ban Karet
Langkah selanjutnya yaitu potonglah ban dalam motor atau mobil dengan bentuk yang menyerupai tali.

Buatlah Tali Dari Ban Karet Bekas

Anda bisa memotongnya menggunakan gunting. Caranya sobek bagian tutup pentilnya, lalu gunting secara vertikal. Kemudian potong panjang hingga menyerupai tali.

Buatlah tali karet minimal 3 ya sob. Ini nantinya untuk mengikat tutup ketipung.

Dan yang gak kalah pentingnya yaitu potong ban dalam tersebut membentuk sebuah lingkaran dengan ukuran yang sama pada paralon.

Potongan yang berbentuk lingkaran ini nantinya sebagai penutup paralon.

3. Tutup Paralon Dengan Ban Karet Dan Plastik Detergen
Proses berikutnya adalah menutup salah satu sisi paralon dengan menggunak ban karet yang sudah kita gunting berbentuk lingkaran tadi.

Tutuplah Bagian Atas Paralon Menggunak Ban Karet

Untuk paralon yang berukuran 8 inc tutup salah satu sisinya mengguanak ban karet. Caranya letakkan ban karet yang berbentuk lingkaran tadi di salah satu ujung paralon, lalu tekuk karet tersebut kearah bawah dan ikat menggunakan tali karet yang sudah Kita buat tadi.

Sedangkan untuk paralon yang berukuran 4 inc sobat bisa menggunakan plastik detergen sebagai penutupnya.

Lakukan hal yang sama seperti cara diatas untuk menutup salah satu ujung paralon tersebut.

4. Susun Ketipung
Nah sebenarnya pada proses nomor 3 ketipung sederhana dari paralon tersebut sudah jadi. Namun agar lebih enak dimainkannya Anda bisa menyusun rapih ketipung.

Lalu Ikat Ketipung Tersebut Menggunakan Tali Ban Karet

Tata rapih ketipung sesuai keinginan Anda, lalu ikat ketipung-ketipung tersebut menggunakan tali karet yang tersisa.

Ikat secara melingkar bagian atas, bagian tengah dan bagian bawah. Lalu beri tali pada kedua sisi yang berlawanan. Fungsinya sebagai tali ke badan si pengguna.

Kesimpulan
Dan itulah beberapa cara membuat Ketipung sederhana dari barang bekas. Anda bisa mempraktekkannya dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Nah dengan memanfaatkan paralon bekas Anda sudah bisa membuat alat musik ketipung sederhana. Cara ini juga bisa diajarkan kepada anak-anak agar lebih kreatif dalam memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara mudah membuat ketipung sederhana dari paralon bekas lengkap beserta gambarnya.