Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tempat Sampah Dari Ban Mobil Bekas Yang Mudah Dan Lengkap Beserta Gambarnya

Cara Membuat Tempat Sampah Dari Ban Mobil Bekas - Untuk membuat kerajinan tangan berupa tempat sampah kreatif dari ban bekas sebenarnya sangatlah mudah. Pasalnya Kalian hanya memerlukan barang bekas seperti kaleng bekas atau ban mobil sebagai bahan utama pembuatan tong sampah.
Langkah Pertama Lepaskanlah Ban Dari Veleg
Sebenarnya ada banyak sekali kerjinan tangan dari ban mobil bekas. Seperti bak air dari ban bekas, pot bunga dari ban. Dan bahkan dengan mendaur ulang ban mobil, Kalian bisa membuatnya menjadi tempat sampah unik dari bahan bekas.

Selain cara pembuatannya yang mudah, tempat sampah dari ban bekas juga terbilang sangat awet. Tempat sampah unik yang terbuat dari ban karet ini juga merupakan salah satu ide kreatif dari barang berkas.

Tidak hanya bertujuan untuk mendaur ulang ban mobil saja, para perajin tangan juga menjual tempat sampah karet di tokoh online.

Bahkan di kota kota besar seperti Sidoarjo dan Surabaya sudah tersedia tokoh jual beli tempat sampah dari barang bekas.

Tempat sampah yang di jual tidak hanya dari ban karet saja, ada tempat sampah unik dari kaleng bekas dan bahkan tong sampah kreatif dari ban mobil.

Karena saking banyaknya ban bekas yang terbuang, Saya berpikir untuk mendaur ulang ban karet menjadi lebih bermakna. Dan salah satunya yang Saya buat yaitu tempat sampah kreatif dari barang bekas.

Agar lebih jelas dalam mengolah roda mobil bekas menjadi tempar sampah unik. Pada artikel ini Saya akan memandu Kalian cara membuat tong sampah kreatif dengan memanfaatkan barang bekas.

Bagaimana Cara Membuat Tempat Sampah Dari Ban Mobil Bekas?

Membuat tempat sampah dari ban mobil bekas memang tidak terlalu sulit, namun perlu Kalian ketahui ada beberapa proses yang lumayan menguras tenaga. Seperti membalikan ban mobil, memotong ban mobil dan bahkan melepaskan ban dari velegnya.

Langkah inilah yang akan kita lakukan saat proses pembuatan tempat sampah dari ban bekas. Kalian juga harus tahu karakter dari bahan ban tersebut. Selain keras, bahan dari ban karet memang sangatlah sulit untuk dipotong.
Selanjutnya Potonglah Ban Bekas tersebut
Kalian mungkin perlu mengeluarkan sedikit tenaga untuk memotong ban bekas tersebut hingga membentuk tempat sampah. Serta beberapa peralatan khusus agar keselamatan dan tenaga Kalian tidak terkuars habis saat membalik ban.

Walaupun terlihat mudah, namun perlu Kalian ketahu bahwa untuk mengubah ban jadi wadah limbah plastik ada beberapa proses yang cukup berbahaya seperti memotong ban maupun membalikan ban dengan cara manual.

Langkah Pertama Siapkan Alat Dan Bahan

Seperti yang sudah saya katakan diatas, ada beberapa alat yang harus sobat siapkan.. Seperti Gunting khusus ban dan jangan lupa siapkan obeng min atau besi panjang dengan ujung yang sedikit gepeng untuk melepaskan ban dari velg.

Usahakan alat potong atau gunting tersebut yang tajam ya sob.. Sebab jika gunting tumpul Kalian akan mengeluarkan tenaga lebih untuk memotong ban.

Lalu untuk bahannya sendiri pasti Kalian sudah tau kan..
Yap, ban mobil bekas atau yang sudah tidak terpakai.

Mulailah Memotong Ban Dan Membalikkan Ban Mobil

Langkah pertama dalam membuat tempat sampah unik dari barang bekas yaitu memotong ban pada sisi bagian luarnya.

Gunakan gunting untuk memotong. Irislah ban secara melingkar dengan ketebalan yang sama.

Pada proses memotong ban, fokuslah dengan ketebalan ban. Jadi semakin tipis ban maka semakin ringan saat melakukan membalik ban.

Gunakan Cat Untuk Mewarnai Ban
Jika proses memotong ban sudah selesai, langkah selanjutnya dalam mendaur ulang ban karet jadi tempat sampah kreatif yaitu membalikkan ban.

Pada proses membalikan ban mobil, Kalian harus meminta bantuan rekan untuk melakukan proses ini. Hal ini agar tenaga Kalian tidak terkuras habis saat membalikan ban.

Membuat Tutup Tempat Sampah

Langkah selanjutnya yaitu membuat tutup wadah sampah agar tidak mengundang bau. Tutup sampah ini juga berfungsi agar tempat sampah dari barang bekas terlihat lebih unik dan kreatif.

Kalian bisa memanfaatkan tirplek sebagai tutup tempat sampah.

Caranya potonglah triplek selebar ban yang telah kalian balik tadi. Potong secara melingkar lalu pada bagian atas triplek buatlah tempat untuk membuka dan menutup.

Gunakan potongan ban tadi sebagai alat untuk menjunjung triplek.

Memberi Warna Pada Ban Bekas Yang Sudah Jadi Tempat Sampah

Dan proses terakhir dalam membuat tempat sampah dari ban bekas yaitu finishing ban.

Kalian bisa memberi warna pada ban agar tempat samaph kreatif ini lebih terlihat unik. Gunakan cat sebagai pewarna.

Untuk warna bisa disesuaikan dengan selera masing masing. Jika tempat sampah ini akan Kalian jual gunakanlah warna yang unik.

Atau Kalian bisa menggambar bunga pada permukaan ban yang telah jadi tempat sampah.

Tips Membuat Tempat Sampah Dari Ban Mobil Bekas

Agar tempat sampah unik dari barang bekas yang telah Kalian buat dari ban mobil bekas terlihat unik dan kreatif. Ada beberapa tips yang bisa Kalian guanak untuk mempercantik tong sampah tersebut.

Membuat Pola Pada Ban Bekas

Kalian bisa menggambar pola pada ban bekas yang telah jadi tempat sampah untuk mempercanti tampilan.

Gunakan pisau untuk menggambar pola bunga, hewan ataupun yang lainnya.

Gunakan Cat Untuk Mewarnai Tempat Sampah

Kalian bisa menggunaan cat untuk mewarnai tempat sampah kreatif ini. Hal ini bertujuan agar tempat sampah yang telah Kalian buat tidak seperti barang bekas atau ban mobil lagi.

Gunakan cat dengan warna yang berbeda agar tampilan tong sampah lebih unik untuk dilihat.

Keseimpulan


Nah itulah Langkah mudah yang bisa Kalian lakukan untuk mengubah ban bekas jadi tempat sampah.
Dengan memanfaatkan barang bekas Kalian juga ikut serta mengurangi global warmming.

Bahkan tidak hanya itu, Kalian juga bisa menjaga lingkungan sekitar menjadi lebih bersih dan terbebas dari sampah yang berserakan.

Selamat berkreasi...